Cara Menenangkan A Noisy Aquarium

[ad_1]

Akuarium mewakili bagian kecil yang terdiri dari lautan besar, sungai yang mengamuk, atau kolam pasang surut yang bekerja sama dengan kehidupan. Ini seperti mengambil kubus dari lingkungan bawah laut, dan menyimpannya sehingga kita bisa menikmati semua kerumitannya tanpa batas, sambil tetap bisa bernafas!

Dan memahami bahwa lingkungan bawah laut diam (sebenarnya sangat bising, tetapi kami melihatnya diam), hal terakhir yang kami inginkan adalah akuarium yang berisik. Atau akuarium. Saya mengatakan bahwa saat ini kami memiliki 4 akuarium aktif yang dipasang di apartemen kami.

Kami dikelilingi oleh kehidupan. Ikan, tumbuhan, dan kucing besar, gila, Peaches & Cream Tabby. Dan setelah dua puluh tahun tank, besar dan kecil dan di mana-mana di antaranya, akhirnya saya menjawab masalah yang membingungkan saya sejak awal – "Mengapa tangki saya begitu berisik ?!"

Apa yang menyebabkan kebisingan?

Kita akan sampai ke jawaban besar sebentar lagi. Pertama, inilah daftar hal-hal yang harus dicari yang mungkin bisa menjadi masalah kebisingan Anda.

Air Setara Kebisingan: Air batu dan tabung udara semuanya memberi efek indah pada lingkungan bawah laut Anda. Mereka juga menambahkan kekuatan pada ornamen yang membutuhkan tekanan dari gelembung agar berfungsi. Peti harta karun kecil dengan tutup berengsel membutuhkan sejumlah udara agar berfungsi dengan baik. Tapi membebani itu, dan semua kelebihan gelembung yang muncul di permukaan akan menciptakan suara keras yang konstan.

Saat Ini Sama dengan Kebisingan: Kedua ke gerakan udara, kita suka banyak gerakan air (simulasi arus alami) di tangki kami. Ikan membutuhkannya untuk pertumbuhan, dan kesenangan. Kami memiliki satu tangki Guppy di mana Anda hampir bisa melukis treadwheel di sisi tangki dengan pensil minyak. Ikan berenang melawan arus, menyelam dan naik serentak. Mereka menyukai arus. Tetapi tambahkan Powerhead, dan hancurkan ukuran tangki, dan Anda akan mengalami masalah kebisingan.

Peralatan Sama dengan Kebisingan: Pompa, filter, sumps, bahkan pemipaan bisa menghasilkan noise. Terkadang terlalu banyak suara. Sebagian besar pompa telah mengalami deadening suara. Tetapi jika Anda mengalahkannya ketika menginstal sistem Anda, getaran getaran akan segera terlihat. Dan tidak dalam cara yang baik. Sama pentingnya, permukaan tempat barang-barang Anda dijamin, atau hanya duduk di atas, dapat dengan mudah menjadi pelakunya.

Furnitur Sama dengan Kebisingan: Saya telah membangun semua tegakan akuarium saya, dan ins yang dibangun secara struktural. Segera setelah saya menguliti bagian atas dengan kayu lapis, saya melihat dengungan yang menghebohkan. Kaki karet pompa udara memindahkan getaran melalui kulit kayu lapis, dan bagian bawah terbuka dari built-in menjadi ruang gema. Menempatkan pompa udara di tempat yang lebih substansial di lemari memecahkan masalah.

Desain Sama dengan Kebisingan: Dan akhirnya, bahkan desain Anda bisa menjadi pelakunya, suara besar. Udara bergerak di atas bebatuan, arus dan eddy terjadi di sekitar perlengkapan dan dekorasi, bahkan penempatan asupan dan keluaran pompa Anda semua masuk ke rumus untuk pengurangan kebisingan di akuarium.

Apa yang dapat saya?

Nada itu turun: Akuarium paling tenang akan menjadi semangkuk air sederhana. Tidak ada pergerakan udara, tidak ada arus. Hanya satu wadah air yang duduk dalam diam.

Jika Anda menggunakan beberapa pompa udara, terutama yang kecil dengan satu stopkontak, pilih pompa yang lebih besar dengan banyak outlet. Aturan praktis – pompa harus menyediakan semua kebutuhan udara Anda untuk akuarium yang satu itu. Tidak hanya Anda hanya memiliki satu pembuat kebisingan, pompa yang lebih besar memiliki bunyi yang lebih baik.

Dan jika pompa Anda berusia lebih dari beberapa tahun, sia-siakan. Bahkan jika itu masih berfungsi. Bagian-bagian lama, terutama yang terbuat dari karet mungkin adalah sumber utama kebisingan Anda. Kaki karet yang keras sekarang, tidak melakukan apa pun untuk mematikan suara. Mereka bahkan mungkin menambahkannya.

Dan gunakan katup geng untuk menentukan volume udara yang masuk ke aksesori Anda. Batu udara kecil dengan satu garis yang datang dari pompa itu adalah masalah kebisingan utama. Dan itu akan terlihat sama bagusnya dengan setengah volume udara yang melaluinya. Mungkin lebih baik.

Dengarkan Efeknya: Sebagian besar aksesori daya yang Anda beli untuk ditambahkan ke tangki Anda memiliki beberapa fitur penyesuaian untuk mereka. Dekatkan telinga Anda ke samping arus yang dibuat oleh powerhead, dan dengarkan saat ia tenang ketika Anda mengatur outlet. Ini mungkin masalah volume, atau hanya masalah arah. Bahkan mungkin bergetar melawan tangki, atau batu. Sesuaikan seperlunya.

Sesuaikan katup geng Anda pada saluran udara Anda dengan cara yang sama. Letakkan telinga Anda ke permukaan air, dan dengarkan saat Anda menyesuaikan aliran. Ketika Anda menemukan tingkat ketenangan yang cocok, lihatlah efeknya pada penampilan. Kemudian buat penyesuaian kecil untuk mencapai medium penampilan yang bahagia versus kebisingan.

Desain Dengan Pertimbangan Kebisingan: Lebih mudah untuk mengatur tangki yang tenang, kemudian mencoba untuk mencapai satu setelahnya. Ingat semangkuk air, duduk diam? Ingatlah hal itu saat Anda menambahkan aksesori atau merencanakan penempatan peralatan yang diperlukan. Yang membawa kita ke masalah besar yang saya pecahkan setelah 20 tahun akuarium.

Tidak semuanya bekerja bersama

Saya suka Bubble Wands di belakang tank saya. Mereka hampir tidak terlihat, namun mengeluarkan banyak gelembung. Saya suka tangki oksigen, jadi saya suka banyak gerakan udara. Itu memutar makanan di dalam tangki, dan membantu arus ikan untuk merasa bahagia.

Tetapi karena keterbatasan ruang dan anggaran, saya selalu mengandalkan filter tank saddle, bukan tipe tabung. Hanya ada begitu banyak tempat Anda dapat menempatkan saringan pelana, dan dengan demikian, hanya begitu banyak tempat yang dapat masuk ke dalam tangki.

Suara dari filter saya selalu membuat saya gila. Sejauh ini, mereka adalah filter paling berisik dari semua teman saya. Dan baru-baru ini, tank saya yang lain. Saat itulah saya tahu masalahnya.

Istri saya mengatur tiga tank lainnya, dan tidak sebesar penggemar Bubble Wands seperti saya. Filternya diam, alirannya sama kuatnya dengan punyaku.

Namun filter saya terdengar seperti baling-baling yang terlepas. Saya telah menarik seluruh sistem, memeriksa semua bagian, dan memastikan semuanya kembali bersama dengan mudah. Seperti yang selalu terjadi di masa lalu, filter saya bergetar.

Saat itulah saya menemukan jawabannya. Saya menarik maskapai ke Bubble Wands dan kebisingan berhenti. Aliran udara dari tongkat melewati, dan masuk ke tabung saluran masuk saya. Filter itu coba diisi dengan air. Itu tidak bisa karena tongkat itu mengisinya dengan udara.

Maka, filter akan selamanya terdengar seperti filter ketika pertama kali dimulai, dan bilangan prima. Masalah ditemukan! Sekarang, untuk menyelesaikannya. Saya tidak ingin menyingkirkan Bubble Wands saya.

Saya mengambil sedotan (bersih dan baru) dan memotongnya menjadi dua. Lalu aku memotong potongan-potongan memanjang, untuk menciptakan bukaan. Saya membungkus jerami di atas Gelembung Gelembung, di bawah saluran masuk filter. Itu meninggalkan sedikit bukaan yang lolos dari udara, jadi aku menempatkan sedotan kedua di atas yang pertama, dengan celah 180 derajat di seberang yang pertama. Masalah dipecahkan, udara berhenti di daerah itu.

Dan tidak ada gelembung yang masuk ke saluran masuk filter. Saya bahkan melihat sedikit peningkatan aliran air melalui filter, yang berarti penyaringan lebih baik.

Kurang mungkin lebih baik

Dalam hal ini saya menemukan bahwa hanya karena aksesori benar-benar memberi saya tampilan yang saya inginkan dalam lingkungan 'alami' saya, hal-hal tertentu tidak bekerja dengan orang lain. Anda dapat memodifikasinya. Tetapi pelajarannya adalah bahwa tidak semua aksesori di tangki Anda yang terbaik untuk tangki, dan ikan Anda. Dan terutama, telingamu.

[ad_2]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *